Hiasilah Wajah Indahmu Dengan Murah Senyum

Senyum itu indah dan perindah wajah, karena wajah yang tersenyum mencerminkan perasaan yang tenang. Senyum itu ibadah yang paling mudah dilakukan, tetapi mampu menyempurnakan akhlak. Senyum adalah keindahan yang lahir dari hati dan jiwa, anugrah yang bisa menenangkan perasaan, menyejukkan dan menentramkan hati yang gelisah.

Senyuman merupakan kosmetika wajah yang paling tulus dan berharga tidak perlu dibeli dan bisa dipakai kapan saja, tidak menimbulkan iritasi dan menghambat penuaan dini secara alami. Dengan tersenyum kita bisa menyenangkan orang lain, sedekah termurah yang penuh berkah. Menumbuhkan semangat dan memancarkan ketulusan hati karena itu, awali semua aktifitas kita dengan senyuman dan doa Bismillah. Nabi pun pernah menyampaikan satu hal tentang senyum yang artinya :

“Tersenyum ketika bertemu saudaramu adalah sedekah”

(H.R.Tirmidzi,Ibnu Hibban Al Baihaqi)

Hadits ini mengajarkan kita betapa hal kecil yang sering kita anggap sepele dan kita abaikan ternyata memiliki nilai yang berharga  dalam pandangan Islam. Rasulullah saw. menjadikan senyuman sebagai salah satu ciri khas kepribadiannya. Diriwayatkan At Tirmidzi, Al Husain Ra, cucu Rasulullah menuturkan keluhuran budi pekerti Beliau. Ia berkata “Aku bertanya kepada ayahku tentang adab dan budi pekerti Beliau terhadap dengan orang – orang yang bergaul dengannya. Ayahku menuturkan “Beliau Saw senantiasa tersenyum, berbudi pekerti lagi rendah hati, Beliau bukanlah seorang yang kasar, tidak suka berteriak – teriak, bukan tukang ceria, tidak suka mencela makanan yang tidak disukainya. Siapa saja yang mengharapkannya pasti tidak akan kecewa dan senantiasa puas. (H.R. Tirmidzi)

Murah senyum adalah salah satu tindakan yang paling mudah dilakukan dan sangat sederhana. Meski sederhana, murah senyum mengandung nilai ibadah. Rasulullah saw. tidak meremehkan murahnya senyum bahkan cara mengekspresikan kebahagiaan Rasulullah saw. adalah dengan senyuman. Rasulullah saw. bersabda: “Janganlah kalian meremehkan kebaikan sekecil apapun, meskipun itu adalah wajah ramah (penuh senyum) di wajahmu saat kau bertemu dengan saudara – saudaramu. (H.R.Muslim)

Rasulullah menganjurkan kita untuk beramah tamah (tersenyum) dan melarang kita untuk tertawa terbahak – bahak. Beliau Rasulullah saw. bersabda: ”Janganlah banyak tertawa sebab banyak tertawa itu akan mematikan hati.” (H.R.Tirmidzi) Tertawa itu memang sehat, akan tetapi terlalu banyak tertawa merupakan anti sosial, kurang peduli, egois, dan merasa yang paling penting adalah saya bahagia, meski orang lain menderita, hati menjadi tidak peka dan beku.

Bila kita kaji lebih jauh, yang Rasulullah saw. larang itu bukanlah tertawa, tapi penyebab tertawanya itu apa. Seharusnya kita lebih banyak merenung tentang diri kita, sekeliling kita, tentang Islam, tentang dunia dan akhirat kita. Kita lebih banyak menangis dan bertekad  memperbaikinya. Dengan demikian kita tidak akan mengisi waktu dengan hiburan – hiburan dan terlena oleh kenikmatan dunia yang fana.

Tersenyum merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk bersedekah dan menambah teman, sebagaimana Rayhan Grub musik religi asal Malaysia menggambarkan dalam lagunya

Manis wajahmu ku lihat disana

Apa rahasia yang tersirat

Tapi zhahirnya dapat kulihat

Mesra wajahmu dengan senyuman

Senyuman,,,,,,

                            Senyum tanda mesra

                            Senyum tanda sayang,,

                            Senyuman sedekah paling mudah

                            Senyum di waktu susah tanda ketabahan

                            Senyuman itu tanda keimanan

Senyumlah,,,,,,,

Hati yang gundah terasa senang

Bila melihat senyum diri kan tenang

Tapi senyumlah seikhlas hati

Senyuman dari hati jatuh ke hati

Senyuman,,,,,,

                            Senyumlah seperti Rasulullah

                            Senyumnya bersinar dengan cahaya

                            Senyumlah kita hanya karena Allah

                            Itulah senyuman bersedekah

                   Senyumlah,,,,,,,

Itulah sedekah paling mudah

 Tiada terasa terhutang budi

 Ikat persahabatan antara kita

Tapi senyum jangan disalah guna

                  Senyum,,,, senyumalah kita

                  Senyumlah,,,, senyumlah penawar duka

                  Senyumlah penyejuk hati

Adapun manfaat senyum untuk vitalitas hidup, segai berikut:

  • Senyuman membuat seseorang lebih menarik

Secara tidak sadar senyuman bisa membuat orang lebih menarik karena ada faktor daya tarik tertentu dan membuat seseorang terlihat lebih baik dibanding mengerutkan kening dan meringis.     

  • Senyum bisa merubah suasana hati

Tersenyum bisa mengelabui tubuh sehingga membantu seseorang  mengubah suasana hatinya menjadi lebih baik untuk jika merasa sedih, cobalah tersenyum.

  • Senyum bisa meredakan stres

Orang yang stres bisa terlihat dari wajahnya, tapi dengan tersenyum bisa mencegah seseorang tampak letih dan lelah. Jika sedang stres, cobalah ambil waktu untuk tersenyum, karena bisa mengurangi stres sehingga mampu mengambil tindakan.

  • Lipatan senyum di wajah membuat orang terlihat lebih muda. Otot – otot yang digunakan untuk tersenyum bisa membantu mengangkat wajah sehingga membuat orang tampak lebih muda.
  • Senyum bisa membantu orang tetap positif

Senyum akan membantu seseorang lebih positif dan mengurangi depresi,stres’dan khawatir maka kesehatan seseorang juga akan meningkat dan menghindarinya dari berbagai resiko penyakit.

Demikianlah sebagian manfaat senyum.Perbanyaklah tersenyum,hiasilah wajah indahmu dengan tersenyum, karena akan bermanfaat untuk kita dan orang lain.

Beritahu teman 👇

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *