Pekan Perkenalan 2020

9 Dzulqo’dah 1441/1 Juli 2020, Pondok Pesantren Modern Al Islah Dorowati menyelenggarakan agenda tahunan Pekan Perkenalan. Kegiatan tersebut merupakan ajang perkenalan bagi para santri sebelum mereka menetap untuk mencari ilmu serta pendidikan di pondok pesantren.  Kegiatan tersebut wajib diikuti oleh santri, baik baru maupun lama supaya mereka dapat mengenal dan memahami pondok secara kaaffah (keseluruhan), sehingga mereka akan melihat nilai-nilai pondok yang hakiki serta mampu menjiwainya. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai pengingat serta memperbarui niat santri lama supaya jiwa dan ruhnya kembali tergugah dan termotivasi kembali. Pekan Perkenalan diisi dengan beberapa rangkaian kegiatan seperti Kuliyah Umum, Kepramukaan, PBB (Pendidikan Baris Berbaris), Porseni, Keorganisasian, Pelantikan dan Panggung Gembira.

Kuliah umum adalah bentuk kegiatan orientasi santri yang tidak hanya diikuti oleh santri baru, akan tetapi diikuti oleh seluruh santri dari kelas 1 s.d kelas 6 KMI. termasuk semua guru dan pembina asrama. Dalam acara kuliah umum tersebut para santri diberikan beberapa materi tentang kepondok modernan dengan metode mendengarkan ceramah dari Bapak KH. Muslich Abdullatief, Lc., (Pendiri dan Pimpinan Pondok pesantren Modern Al Islah), baik materi khusus tentang pondok pesantren modern Al Islah  maupun materi umum yang menyangkut pembahasan kepesantrenan secara menyeluruh. Dalam acara tersebut, para santri juga dikenalkan dengan tujuan dan falsafah pesantren modern, seperti peranan, kedudukan maupun perbedaan pesantren modern dengan sekolah lain atau pesantren non-modern.

Kepramukaan merupakan kegiatan ekstrakulikuler yang wajib diikuti oleh seluruh santri sebagai instrumen penting dalam kurikulum pendidikan Pondok Pesantren Modern Al Islah. Kegiatan tersebut diperkenalkan tehadap seluruh santri bertujuan agar mereka memahami arti kepramukaan di Pondok Pesantren Modern Al Islah. Kepramukaan diharapkan mampu menciptakan santri menjadi jiwa muda yang berkualitas dan berakhlaq mulia.

Beberapa kegiatan lainnya yang menjadi bagian dari agenda Pekan Perkenalan adalah  PBB, Porseni, Keorganisasian, Pelantikan Pengurus OPPMA baru, dan Panggung Gembira. Tujuan dari seluruh kegiatan tersebut adalah sebagai TOTO (persiapan) Pondok Pesantren Modern Al Islah sebelum berlayar menuju luasnya samudera pendidikan selama satu tahun kedepan. Dengan persiapan yang matang seluruh program pendidikan di Pondok Pesantren Modern Al Islah  diharapakan dapat tercapai dengan predikat mumtaz (sempurna). Karena dengan persiapan yang matang, teliti dalam mengerjakan, siap menghadapi rintangan, sehingga tercapailah tujuan, sebagaimana motto hidup (TOTO, TITI, TATAG, TUTUG) yang disampaikan oleh Bapak Pimpinan Pondok Pesantren Modern Al Islah dalam kegiatan Kuliyah Umum.

Beritahu teman 👇

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *